Senin, 30 November 2020

PERSMAS: Gebrakan Baru Gerakan Jurnalistik di MA YKUI Maskumambang

Ketertarikan dan gairah baca-tulis siswa perlu ditumbuh-kembangkan. Hal ini merupakan bagian dari program literasi madrasah yang digaungkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta sejalan dengan Kementerian Agama Republik Indonesia. Di madrasah yang berslogan sekolah islami dan sekolah prestasi ini, kegiatan literasi berjalan tanpa henti. Terus melejit dan mewarnai kegiatan sehari-hari.

Dalam upaya mensukseskan program literasi tersebut, MA YKUI Maskumambang mendirikan PERSMAS, organisasi jurnalis madrasah, sebagai wadah pembelajaran murid madrasah aliyah guna memberikan wawasan, keilmuan, dan pengalaman praktis terakait jurnalistik. Organisasi yang tak terpisah dari aktivitas baca-tulis. Melalui organisasi ini, kegiatan baca-tulis siswa diharapkan dapat ter-upgrade secara optimal.

        


    Organisasi ini digagas oleh Bpk. Ali Rosyidi, M.Pd selaku wakil kepala madrasah bagian kurikulum. Beliau memilih tiga orang murid kelas 12 guna menjadi formatur dan mempersiapkan berdirinya organisasi jurnalistik di MA YKUI Maskumambang. Tiga orang tersebut adalah Nasikhul Ikhwan, Muhammad Dimas Romadhoni, dan Muhammad Ragil Firdaus. Satu bulan setelah diutusnya tiga murid tersebut, PERSMAS akhirnya dapat diresmikan oleh Bpk. Afifuddin Aminin, S.Ag., M.Pd.I selaku kepala MA YKUI Maskumambang di ruang rapat Pondok Pesantren Maskumambang (30/11/20). Dalam peresmiannya beliau mengungkapkan rasa syukur dan menyatakan akan memberi dukungan penuh kepada PERSMAS. “Kalau kalian minta kertas satu rim, akan kami beri satu dus. Kalau kalian minta tinta satu botol, akan kami beri tiga botol!” ujar Pak Afifuddin bersemangat. PERSMAS beranggotakan 18 murid aliyah dan dipimpin oleh Abdullah Kafabih. Dalam pidato sambutan ketua baru, Kafabih mengharapkan agar seluruh anggota PERSMAS dapat memahami dan mematuhi kode etik jurnalistik yang berlaku bagi semua anggota.

            Acara ini merupakan kali pertama digelar dan menjadi organisasi baru di MA YKUI Maskumambang, serta menjadi kebanggaan bagi kami staff  PERSMAS masa periode 2020/2021, wabil khusus  Bapak Ali Rosyidi dan tiga orang formatur selaku penggagas dan penggerak berdirinya. Kesuksesanlah yang menjadi harapan kami selaku staff PERSMAS periode 2020/2021. Dan semoga dengan berdirinya organisasi baru ini, dapat meningkatkan minat baca dan tulis para murid madrasah aliyah, terutama di bidang jurnalistik, dan semoga dapat terus berlanjut & berkembang dari periode ke periode. Selamat dan semangat berkarya, rek!  (Ade Rius Iman, Penulis/Reporter)

0 komentar: