Sabtu, 07 Januari 2012

MANAJEMEN MADRASAH

Untuk mewujudkan tujuan madrasah seperti tersebut, maka pengelolaan madrasah menjadi kunci pokok akan keberhasilannya. Dalam hal ini adalah bagaiamana manajemen madrasah itu diterapkan. Gambaran tentang manajemen Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang dapat dikemukakan sebagai berikut : manajemen madrasah Aliyah YKUI Maskumambang menerapkan manajemen partisipatif yaitu  manajemen/pengelolaan madrasah yang memberikan ruang bagi semua fihak berpartisipasi dalam pengembangan madrasah, partisipasi yang dimaksud tentunya dalam bingkai mekanisme kerja yang disepakati bersama. Untuk mensinergikan seluruh potensi kelembagaan diatur dalam mekanisme kerja dengan berprinsip pada the rigth man on the rigth job artinya penempatan orang pada tempat yang tepat, tugas disesuaikan dengan kemampuan dan keahlian.
Perencanaan sebagai titik sentral kegiatan juga disusun oleh madrasah. Dalam hal ini ada dua jenis perencanaan yaitu perencanaan Strategis dan rencana operasional. Untuk rencana strategis disusun untuk jangka waktu lima tahun, sedangkan rencana operasional (renop) disusun tiap tahun untuk jangka waktu satu tahun.
Dalam menjalankan organisasi sekolah, awal tahun kepala sekolah mengidentifikasi berbagai kebutuhan dan pekerjaan setelah dilakukan evaluasi pelaksanaan pendidikan tahun sebelumnya. Identifikasi kebutuhan dan pekerjaan tersebut melibatkakan seluruh komponen sekolah. Setelah itu didistribusikan pekerjaan sesuai dengan bidang-masing, kemudian secara operasional masing-masing bidang menyusun perencanaan yang kemudian di integrasikan dengan bidang-bidang lain, sehingga menjadi rencana operasional sekolah yang berlaku selama satu tahun.
Seluruh perencanaan yang dimiliki sekolah disusun dengan melibatkan berbagai komponen antara lain Pengurus Pondok Pesantren sebagai fihak Yayasan, kepala Madrasah beserta stafnya, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta komite madrasah.
Manajemen madrasah Aliyah YKUI maskumambang juga menjalankan manajemen terbuka dimana semua fihak dapat melihat pengelolaan keuangan yang ada di Yayasan.
Secara kelembagaan komponen-komponen pendidikan di MA YKUI adalah sebagai berikut :

Ketua yayasan/ Pemangku Pesantren         : KH. Nadjih Ahjad
Pemangku Pesantren Staf Kemadrasahan   : Drs.H. Fatihuddin Munawir, M.Ag
Kepala Madrasah                                      : Ahmad Sholihan, S.Pd.,M.Si.
Wakil Kepala Urusan Kurikulum                : Musyrofin Askan, S.Pd.I
Wakil Kepala Urusan Kesiswaan               : Drs. Nafik Shulhan
Wakil Kepala urusan Sarana Prasarana      : Tasdi Syakur, S.Ag
Wakil kepala Urusan Humas                      : Drs.H. Abd. Rachman
Kepala perpustakaan                                 : Sufaat S.Ag.
Kepala Lab. IPA                                       : Lailatun Najah, S.Pd.
Kepala Lab. Komputer                              : Silatul hamri S.Pd.
Kepala BP/BK                                          : Fuad Hambali M.Ag
TU                                                            : Muhtasir       
Bendahara                                                 : Khoiri Adlom
Komite Madrasah                                      : Drs. H. Khoirul Abid


0 komentar: