Sabtu, 07 Januari 2012

Sejarah


Berdirinya Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang merupakan bagian dari program pengembangan pendidikan di Pondok pesantren Maskumambang. Sebagai institusi dakwah, Pondok Pesantren Maskumambang yang berdiri pada tahun 1859 awal mulanya hanya mengajarkan pendidikan agama melalui langgar (surau) dan dilaksanakan dengan menggunakan metode wetonan, bandongan dan halaqah, dengan materi tafsir, fiqh, hadis dan tauhid. Kegiatan tersebut berjalan dalam waktu yang cukup lama dimulai pada masa KH.Abd.Jabbar sebagai pendiri Pondok Pesantren Maskumambang, diteruskan oleh putranya KH.Faqih kemudian oleh KH. Ammar Faqih. Pada masa KH.Amar Faqih inilah KH. Nadjih Ahjad yang saat itu menjadi salah satu pengasuh di Pondok Pesantren Maskumambang berinisiatif mendirikan madrasah, maka didirikanlah madrasah Ibtida’iyah banat yaitu Madrasah Ibtida’iyah yang hanya diperuntukan anak putri.
Pada tahun 1958 berdirilah Madrasah Tsanawiyah dengan masa pendidikan 6 (enam) tahun. Dan sebagai wujud tanggung jawab pendiri pendidikan formal di Maskumambang maka yang menjadi kepala madrasah Tsanawiyah adalah bapak KH. Nadjih Ahjad sendiri. Beberapa tahun kemudian ada perubahan peraturan pemerintah yang menyatakan bahwa pelaksanaan Madrasah Tsanawiyah dan setingkatnya adalah 3 (tiga ) tahun maka masa pembelajaran di Madrasah Aliyah Maskumambang pun menjadi 3 (tiga) tahun.
Madrasah Aliyah YKUI Pondok Pesantren Maskumambang berdiri sejak tahun 1963 sebagai kelanjutan dari Madrasah Tsanawiyah YKUI Maskumambang.
Sebagai bentuk penataan kelembagaan, maka Departemen Agama mengeluarkan surat kualifikasi madrasah. Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang mendapat akta terdaftar pada tahun 1993 dengan nomor : wm.06.03 / pp.03.2 / 1985 / 1983 tangal 07 Mei 1993. Satu tahun kemudian dikeluarkan SK jenjang diakui dengan nomor : wm.06.03 / pp.03.2 / 1994 / tanggal 20 April 1994. Kemudian pada tahun 1999 menerima jenjang diakui dari Departemen Agama Jawa Timur dengan nomor : wm.06.03 / pp.03.2 / 115 / SKP / 1999. tahun 2005 Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang memperoleh status terakreditasi A unggul
Seiring dengan perkembangan dan tuntutan dari berbagai pihak, serta untuk membentuk sekolah menengah atas atau Madrasah Aliyah yang unggul, maka dipandang perlu pengelolaan kelas unggulan. Berdasarkan maasalah ini, maka mulai tahun pelajaran 2008/2009 Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang dimekarkan menjadi 2 program yaitu Madrasah Aliyah Program Unggulan dan Madrasah Aliyah Program Reguler
Madrasah Aliyah YKUI Maskumambang telah banyak mengeluarkan alumni yang berkiprah di tengah-tengah masyarakat, baik sebagai ulama, mubaligh, guru, pengusaha, birokrat, politisi. Lulusan madrasah aliyah juga banyak yang melanjutkan kuliah keberbagai Perguruan Tinggi Negeri baik dalam negeri maupun  luar negeri.

0 komentar: