A. VISI Madrasah
Menciptakan
peserta didik yang mememiliki karakteristik
ISLAMI, ILMIAH dan UNGGUL dengan
indikator :
Ø Berjiwa dan berprilaku
islami
Ø Berpikir kritis, kreatif
dan dinamis
Ø Unggul dalam berkehidupan
yang terampil
Visi tersebut
menggambarkan cita-cita madrasah sebagai lembaga pendidikan berbasis keagamaan.
Sebagai lembaga pendidikan dakwah dan kader, maka profil lulusannya
adalah sebagai berikut : terbentuknya siswa yang memiliki cara hidup dalam
keseharian benar-benar mencerminkan pola pola pikir dan perilaku
Islami, memiliki wawasan keilmuan yang luas dan selalu berfikir dan
bertindak berdasarkan ilmu. Adapun keunggulan yang dimimiliki adalah keunggulan
kompetensi yang meliputi kompetensi bahasa Inggris bagi program IPA dan IPS
serta kompetensi bahasa Arab bagi progam Keagamaan
(MAK). Juga kompetensi-kompetensi yang siap
digunakan bagi lulusannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya (life
skill)
B. MISI Madrasah
Untuk menunjang Visi dari
penyelenggaraan pendidikan di MA YKUI Maskumambang Gresik dan
indikatornya, maka madrasah mempunyai
misi:
1) Mengusahakan terwujudnya
lingkungan yang Islami sehingga mendorong terwujudnya pengamalan iman dan taqwa
kepada seluruh warga madrasah
2) Melakukan
Aktualsasi nilai-nilai Islam melalui pengkajian agama secara mendalam.
3) Membentuk peserta
didik dan warga madrasah yang berakhlak dan berbudi pekerti yang luhur
4) Menciptakan dan memelihara
lingkungan sekolah yang nyaman untuk bekerja, berkreasi dan belajar
5) Menumbuhkan semangat
kunggulan, keindahan dalam penguasaan ilmu dan teknologi, kegiatan seni budaya,
dan aktifitas olahraga.
6) Memelihara kebersamaan ,
keterbukaan, kemandirian, bertanggungjawab, kewirausahaan, pada warga madrasah
dalam mewujudkan visi dan misi serta tujuan madrasah.
7) Menumbuh kembangkan semangat untuk selalau
berusaha agar menjadi yang terdepan dan menjadi teladan.
C. TUJUAN Madrasah
1. Tahap
I (Tahun Pelajaran 2009/2010–2010/2011) Madrasah berusaha mencapai:
a. Mewujudkan siswa yang memiliki aqidah yang kuat,
mempunyai kesadaran dalam melaksanakan ibadah, dan berprilaku yang mulya/
Akhlaqul karimah sebagai penampilan diri.
b. Membudayakan
Pengamalan 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) pada seluruh warga
madrasah.
c. Meningkatkan
kegiatan sholat jamaah dhuhur di masjid madrasah dan kegiatan sholat dhuha.
d. Meningkatkan
nilai rata-rata Ujian Nasional/Madrasah secara berkelanjutan.
e. Meningkatkan
persentase siswa yang diterima masuk ke Perguruan Tinggi.
f. Memiliki tenaga kependidikan yang profesional, tanggung
jawab dan berdikasi tinggi.
g. Meningkatkan
pendidikan keterampilan TIK maupun Komputer (software dan hardware).
h. Mewujutkan
Tim Olahraga dan Kesenian yang mampu bersaing di tingkat kabupaten dan
provinsi.
i. Meningkatkan
kegiatan ektrakurikuler KIR, PMR. Pramuka, Olahraga prestasi, Kuliner, robotika,
keterampilan sablon dan kuliiner
j. Meningkatkan Pendidikan Jurnalistik di
madrasah.
k. Meningkatkan kepedulian warga madrasah terhadap
Kebersihan, Kesehatan, Ketertiban, dan keindahan lingkungan madrasah. agar terciptanya lingkungan sekolah yang asri, bersih dan
menyenangkan untuk belajar.
2. Tahap II
(Tahun Pelajaran 2010/2011–2011/2012) Madrasah berusaha mencapai:
a. Meningkatkan
pembinaan siswa agar memiliki kesadaran dalam melaksanakan Ibadah wajib
maupun ibadah sunnah dan berprilaku akhlakul karimah
b. Meningkatkan
prosentase siswa yang mendaftar dan diterima/masuk ke Perguruan Tinggi.
c. Meningkatkan
kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa Arab
dan Inggris baik untuk kepentingan komunikasi maupun pengembangan ilmu.
d. Meningkatkan
Pendidikan dan jiwa kewirausahaan siswa keterampilan.
e. Mewujudkan
Tim Lomba KIR serta Olimpiade Matematika dan Sain yang mampu bersaing di
tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.
f. Mewujudkan
Tim Olahraga dan Kesenian yang mampu bersaing di tingkat provinsi dan nasional.
g. Meningkatkan
kegiatan sosial kemasyarakatan
0 komentar:
Posting Komentar